TUHFATUL ATHFAL


    أَقْسَامُ الْمَدِّ

    BAB PEMBAGIAN MAD

     

    وَالمـَدُّ أَصْلِـىُّ وَ فَـرْعِــىٌّ لَـهُ

    وَسَــمِّ أَوَّلاً طَبِيـعِـيّاً وَهُـــو

    Dan mad itu ada ashliy (asli) dan far'iy (cabang), mad jenis yang pertama (mad ashliy) disebut juga mad thobi'iy.
    Panjang bacaan mad adalah satu alif/dua harakat.

     

    مَـالاَ تَوَقُّـفٌ لَـهُ عَـلـى سَـبَبْ

    وَلابِـدُونِهِ الحُـرُوفُ تُجْـتَـلَـبْ

    Mad thobi'iy tidak bergantung pada sebab (misalnya sebab waqaf dan sukun/mati), dan juga tidak bergantung pada huruf lain

     

    بلْ أَىُّ حَرْفٍ غَيْرُ هَمْزٍ أَوْ سُـكُونْ

    جَا بَعْـدَ مَـدٍّ فَالطَّبِــيِعىَّ يَكُـونْ

    Akan tetapi setiap huruf hijaiyah selain hamzah atau sukun, yang datang atau berada setelah buruf mad disebut mad thobi'i.
    Mad ashliy juga disebut dengan mad thobi'iy.

     

    وَالآخَرُ الْفَرْعِـىُّ مَوْقُـوفٌ عَلـي

    سَـبَبْ كَهَمْزٍ أَوْ سُكُونٍ مُسْـجَـلاً

    Sedangkan mad yang selainnya, disebut mad far'iy, yang waqaf atas sebab hamzah atau sukun, secara mutlak (baik di tengah maupun di akhir kata)

     

    حُـرُوفُــهُ ثَـــلاَثَـةٌ فَعِـيـهَا

    مِنْ لَفْـظِ وَاىٍ وَهْىَ فى نُوحِـيـهَا

    Huruf mad far'iyada 3, yang terkumpul dalam lafadz وَاىٍyaituwauw, alif, dan ya'.

     

    وَالكَسْرُ قَبْـلَ الْيَا وَقَبْلَ الْواوِ ضَـمْ

    شَـرْطٌ وَفَـتْحٌ قَبْـلَ أَلفٍ يُلْتَــزَمْ

    Dan (syarat dibaca mad adalah)kasroh sebelum ya', dan dhommah sebelum wawu, sebagai syarat dibaca mad, serta fathah sebelum alif, wajib juga di baca mad.
    Contoh:
    1. dhommah sebelum wawu: يَقُوْلُ
    2. kasroh sebelum ya': قِيْلَ
    3. fathah sebelum alif: قَالَ

     

    وَاللِّـينُ مِنْـهَا الْيَا وَوَاوٌ سَـكَـنَا

    إِنِ انْفِــتَاحٌ قَبْـلَ كُـلٍّ أُعْـلِـنَا

    Dan disebut dengan mad layyin, jika ada ya'atau wawu mati/sukun, namun ketika itu huruf sebelumnya berharokat/berbaris fathah.